9 Cara menyimpan Daging yang Benar & Baik di Kulkas/Freezer | Resep Makanan Skip to main content

Search This Blog

9 Cara menyimpan Daging yang Benar & Baik di Kulkas/Freezer

9 Cara menyimpan Daging yang Benar & Baik di Kulkas/Freezer Di Update Desember 2019

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan 9 Cara menyimpan Daging yang Benar & Baik di Kulkas/Freezer.

Penyimpanan daging dalam kondisi suhu dingin adalah solusi yang sering digunakan untuk memperpanjang umur simpan daging. Hanya saja, seringkali masih diperoleh hasil yang tidak sesuai dengan keinginan, dan daging yang disimpan dalam suhu dingin masih tetap rusak. Biasanya dihari iedul adha, masyarakat muslim terutama indonesia sering membagikan daging dari hasil hewan kurban. Ketika kita mendapatkan jumlah daging pembagian daging kurban yang cukup banyak, banyak sekali masyarakat yang bingung untuk mengolah atau menyimpan daging agar umur daging bisa bertahan lama. Dan untuk itu, khusus di artikel ini, saya akan berbagi tips, cara menyimpan daging yang benar dan baik di kulkas/freezer. Agar Anda bisa mengetahui cara menyimpan daging yang benar dan baik yang disimpan di kulkas/freezer, sehingga umur daging yang Anda simpan bisa bertahan lama dan tetap masih bisa di konsumsi. Berikut ini tempat yang benar dan baik untuk menyimpan dan meminimalisir kerusakan daging yang akan Anda simpan.


Dan berikut ini beberapa tips 9 cara menyimpan daging yang benar dan baik yang dikutip dari hasil penelitian yang dianjurkan menurut Kepala Laboratorium Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada.

Cara menyimpan Daging yang Benar ke 1.
Kenali daging kurban dengan baik. Maksudnya, ada baiknya kenali dahulu daging kurban yang baik yang akan di konsumsi atau daging yang akan disimpan. Karena secara umum daging yang sehat berwarna merah segar, tidak berlendir, dan memiliki bau khas. Jika pada daging hewan kurban sudah terdapat perubahan, maka daging tersebut sudah tidak layak untuk di konsumsi.

Cara menyimpan Daging yang Benar ke 2.
Pisahkan antara jenis daging antara daging murni dan jeroan. Biasanya, kurban daging yang di bagikan kepada kita sudah di campurkan antara jenis daging, jeroan, kulit, tulang dan lainnya. Sehingga Anda perlu melakukan pemisahan pada setiap jenis daging. Karena jenis daging jeroan lebih cepat rusak dari pada daging murni, karena jeroan biasanya mengandung lebih banyak kuman. Disarankan untuk menyimpan daging dengan freezer yang berbeda. Dan pastikan juga, daging tidak di campur antara sapi dengan kambing maupun daging lainnya. Selain untuk menghindari bau prengus, pemisahan jenis daging juga dapat meminimalkan jumlah pencemaran kuman.

Cara menyimpan Daging yang Benar ke 3.
Jangan mencuci daging yang akan disimpan. Karena pada saat proses pencucian, bisa jadi ada kuman atau mikroba yang terdapat pada air yang akan masuk ke serat dan pori-pori daging, sehingga kuman atau mikroba tersebut akan merusak kualitas daging yang Anda simpan. Daging boleh dicuci hanya ketika daging akan dimasak.

Cara menyimpan Daging yang Benar ke 4.
Daging yang disimpan di dalam kulkas/freezer yang sudah dibumbui dengan bumbu ‘marinasi’ akan membuat daging menjadi lebih awet dan memiliki umur simpan yang lebih lama. Karena pada bahan bumbu marinasi seperti kunyit, bawang dan garam merupakan beberapa contoh ‘bahan bumbu marinasi’ yang bersifat Anti Bakteri.

Cara menyimpan Daging yang Benar ke 5.
Simpan daging kurban kedalam kantung Plastik jenis Food Grade.
Setelah Anda mengetahui bagian daging yang baik, maka lakukan pemotongan daging sesuai ukuran yang akan di konsumsi masing-masing, dan pisahkan daging dengan memasukkannya kedalam plastik. Hal ini, dilakukan agar ketika Anda ingin memasak daging, Anda hanya akan mengambil beberapa potongan daging saja, dan Anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan semua daging dari tempat penyimpanan. Menyimpan daging yang sudah dipotong kecil-kecil dalam wadah sesuai porsi yang akan dimasak. Tujuannya untuk mempermudah dalam proses thawing atau mencairkan daging beku, karena daging yang keluar masuk freezer untuk di thawing dan di bekukan secara berulang akan menghilangankan komponen penting dalam daging yang larut berkali-kali bersama air yang keluar. Akibatnya kandungan nutrisi pada daging akan jauh berkurang. Dan untuk jenis Plastik yang digunakan, akan lebih baik menggunakan jenis plastik yang berwarna transparan dan hindari penggunaan plasti berwarna-warni.

Cara menyimpan Daging yang Benar ke 6.
Masukkan daging kurban secara bertahap kedalam kulkas/freezer. Maksudnya, memasukkan daging kedalam kulkas, sangat di anjurkan untuk melakukannya secara bertahap, yaitu dengan meletakkan daging di bagian bawah kulkas (refrigerator) terlebih dahulu selama 10-12 jam. Kemudian sesudah itu, pindahkan daging kedalam freezer. Hal ini di lakukan untuk menghindari agar daging yang Anda simpan menjadi alot, akibat dari serat-serat pada daging menjadi terkejut ketika daging langsung disimpan dengan suhu yang langsung dingin.

Cara menyimpan Daging yang Benar ke 7.
Simpan daging pada suhu yang tepat. Makaudnya, pada daging yang di simpan pada bagian bawah kulkas hanya akan bertahan hingga 3 – 4 hari. Namun jika daging di simpan pada suhu yang semakin rendah, sekitar pada suhu 10 derjat Celcius hingga minus 12 derjat Celsius, maka daging dapat bertahan hingga selama 6 bulan dengan catatan tidak terjadi perubahan nutrien pada daging yang Anda simpan.

Cara menyimpan Daging yang Benar ke 8.
Keluarkan daging kurban secara bertahap dari freezer. Maksudnya, mengeluarkan daging dari freezer juga sama ada tahapannya, yaitu dengan cara memindahkan daging dari freezer ke bagian bawah kulkas dahulu, lalu biarkan daging selama kurang lebih 10 jam. Setelah itu, keluarkan daging dari kulkas dan daging sudah siap untuk di masak.

Cara menyimpan Daging yang Benar ke 9.
Sebelum daging dimasak, terlebih dahulu di lakukan thawing dengan menggunakan suhu normal. Thawing dilakukan dengan cara daging beserta wadahnya diletakkan di bawah air kran dengan suhu normal hingga daging sudah tidak mengeras lagi. Kemudian keluarkan daging dari wadahnya lalu cuci daging hingga bersih. Hindari melakukan penyimpanan kembali pada daging yang telah di thawing, karena refreezing akan merusak mutu daging.

Demikianlah tips 9 cara menyimpan daging yang benar di kulkas/freezer yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan pengetahuan Anda tentang cara menyimpan daging yang benar dan baik di kulkas/freezer semakin bertambah sehingga Anda sekarang menjadi tahu cara menyimpan daging yang benar.

Gimana, Info Menarik “9 Cara menyimpan Daging yang Benar & Baik di Kulkas/Freezer”, nya?

Nah, untuk menyimpan (Bookmark) Kumpulan Resep Kami ini, Dengan Cara “BAGIKAN” ke Sosial Media anda otomatis resepnya bakal tersimpan disana dan Kami Bahagia.

Happy Cooking !

Baca Juga Kumpulan Resep Lainnya di resep-sedap.com

Resep MakananResep Minuman
Resep KueResep Cemilan
Resep SambalResep Pilihan
Resep Lainnyacara menyimpan kikil di kulkas,cara menyimpan kikil,cara menyimpan kikil sapi agar tahan lama,membuat kikil tahan lama,menyimpan kikil,Resep babi bakar yg enak dan sederhana

9 Cara menyimpan Daging yang Benar & Baik di Kulkas/Freezer
| resep